Tertawa 15 Menit Sehari Pacu Jantung Lebih Sehat

SUDAHKAH Anda tertawa hari ini? Jika belum, sebaiknya segera sisihkan waktu Anda selama 15 menit setiap hari. Selain tak memerlukan biaya, tertawa sangat ampuh meringankan beban pikiran dan membuat badan jadi lebih sehat.


Meskipun kesannya sepele, banyak orang kerap melupakan agenda tertawa. Dengan kepungan rutinitas yang membelenggu setiap hari, aktivitas ini pun kerap terlewatkan. Pada hari-hari normal, biasanya seseorang bisa menggunakan waktu sebanyak 18 menit sehari untuk tertawa. Tetapi nyatanya, untuk tertawa enam menit atau bahkan satu menit pun sangat sulit.

Para ahli mengatakan, anak-anak setiap hari bisa tertawa hingga 300-400 kali. Tetapi begitu masuk fase dewasa, frekuensinya turun drastis yakni sekira 15 kali sehari. Padahal, secara medis tertawa dipercaya memberikan manfaat lebih pada kesehatan Anda.

Dr SK Gupta, konsultan senior, kardiologi, Rumah Sakit Indraprastha Apollo, India mengatakan, tertawa merupakan latihan sehat untuk jantung serta paru-paru. Ketika seseorang tertawa, denyut jantung akan naik dan otak menjadi santai,” ujarnya, seperti dikutip Times of India.

Di era modern seperti sekarang, penyakit yang berhubungan dengan stres meningkat dari waktu ke waktu.

“Lebih dari 70 persen penyakit yang ada dipicu karena kehadiran stres. Untuk menghindari stres, tak jarang orang melarikannya ke alkohol, obat-obatan dan rokok. Padahal, jika mereka menyadari obat paling mujarab dan tak memerlukan biaya adalah tertawa,” kata Dr Kataria.

Menurut penelitian, tertawa dengan mulut menganga adalah pilihan terbaik. “Tertawa dengan suara yang lepas dan mulut menganga itu sangat baik. Sebaliknya, tertawa dengan mulut tertutup dan terkikik-kikik justru kurang memberikan efek maksimal bagi kesehatan,” katanya.

Sebuah studi menunjukkan, di masa kanak-kanak dulu kita belajar untuk mengasosiasikan tertawa terbahak-bahak dengan mulut terbuka lebar dan hasilnya mereka pun mendapatkan pengalaman hidup yang positif. Nah, pada akhirnya sumber kebahagiaan yang utama memang terletak pada Anda masing-masing. Salah satu sumber yang praktis dan efisien adalah melepas tawa riang sebagai ekspresi kebahagiaan selama 15 menit setiap harinya.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s