Ayo, Ciptakan Anak Aktif, Sehat, & Cerdas!

ORANGTUA pasti menginginkan buah hatinya tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas serta memiliki tulang yang kuat. Mau tahu rahasianya?

Yuk simak penjelasan dari dr. Nur Asiah, MS, SpGK dari RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Penuhi kebutuhan gizi anak

Makanan bukan hanya berfungsi sebagai sumber energi saja. Tapi juga penting untuk pertumbuhan tulang, penunjang kecerdasan otak, mencegah penyakit dan persiapan pertumbuhan perkembangan. Oleh karena itu kebutuhan kalori anak harus tercukupi, berkisar 1300-1500 kalori/hari, dengan komposisi: 55-65 persen karbohidrat (sumber tenaga), 10-15 persen protein (pertumbuhan tulang, sel-sel tubuh, sintesis hormon-hormon tertentu) , dan 25-30 persen lemak (sumber tenaga, menjaga komunikasi antar sel-sel tubuh). Artinya, dalam sehari anak harus mengonsumsi: nasi 300 gram, daging/ayam/ikan 2 potong sedang, telur 1 butir, tempe/tahu 2 potong sedang, sayur 2 mangkuk kecil, buah 2 porsi dan susu 2 gelas.

Lebih lanjut dijelaskan, sebenarnya pertumbuhan sel-sel saraf telah dimulai sejak dalam kandungan. Nah untuk mengoptimalkan pertumbuhannya dibutuhkan; mikronutrien yang terdiri dari vitamin dan mineral. Asam lemak esensial yang penting untuk perkembangan sistem saraf pusat seperti Omega 3. Jangan lupa asupan yang mengandung kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Dan bisa diperoleh salah satunya dari susu.

Kebutuhan kalsium anak usia 1-3 tahun berkisar 500 gram/hari dan usia 4-8 tahun berkisar 800 gram/hari. Selain itu, tubuh juga membutuhkan zat besi untuk pembentukan sel-sel darah, dan seng untuk menjaga daya tahan tubuh.

“Jika defisiensi atau kekurangan zat-zat tersebut maka kecerdasan otak akan terhambat, anak mengalami gangguan pertumbuhan serta perkembangan dan anak akan mudah terkena penyakit karena daya tahan tubuh lemah,” tandas dr. Nur.

Brain food dan super food

Brain food adalah makanan yang bermanfaat untuk memelihara fungsi otak agar bekerja optimal. Misalnya makanan yang mengandung protein, asam-asam lemak esensial, asam folat, vitamin B1, B6, kolin, taurin, vitamin C, vitamin E, dan mineral (besi, kalsium, magnesium). Semua ini bisa ditemui pada:

1. Salmon. Merupakan sumber asam lemak omega-3 (DHA dan EPA), yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru menunjukkan, orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak, memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan.

2. Telur. Sumber protein satu ini, dikenal relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur, ternyata padat akan kandungan kolin – membantu perkembangan memori atau daya ingat.

3. Selai kacang. Kacang tanah dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E, dimana merupakan  antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf.

4. Gandum murni. Otak membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Oat/Oatmeal. Oat merupakan salah satu jenis sereal yang kaya akan zat gizi. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak dalam mengawali aktivitasnya di pagi hari. Oat juga merupakan sumber  vitamin E, vitamin B, potassium dan seng, yang membuat  tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

6. Berry. Strawberry, cherry, blueberry dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin  banyak nutrisi yang di kandung. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang bermanfaat mencegah kanker. Beberapa riset menunjukkan anak yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berry ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega-3.

7. Kacang-kacangan. Jenis ini spesial, karena makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Pun kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak – puncaknya pada sore hari jika dikonsumsi saat makan siang. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya.

8. Sayuran berwarna. Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah  sayuran yang kaya zat gizi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.
Susu dan Yogurt. Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Jenis ini juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya, sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.

9. Daging sapi tanpa lemak. Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Dengan mengonsumsi daging sapi tanpa lemak 1 ons per hari, maka tubuh si kecil akan terbantu dalam penyerapan zat besi.  Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat.

Sementara super food adalah makanan yang berfungsi menjaga kesehatan, mencegah kondisi tertentu misalnya antioksidan pencegah kanker dan fitokimia lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya antioksidan flavonoid dalam sayuran, buah, dan lain-lain.

Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ayo, Ciptakan Anak Aktif, Sehat, & Cerdas!

  1. andri berkata:

    pagi dok….. Saya mau tanya. Saya punya ponakan umurnya 1 th 6 bln, berat badannya 10 kg. Ponakan saya perempuan, ponakan saya itu sama dokter anak disuruh kasi susu yg kalorinya 100 dan makanan yang mengandung kalori. Yg saya mau tanyakan apa selama ini kalorinya kurang? Susu apa yg mengandung kalori tinggi dan makanan apa yg hrs diberikan?
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dokter…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s