Tip Memilih Obat Batuk

TIDAK hanya pada orang dewasa, batuk pada anak juga sering kali menyebabkan seisi rumah panik. Orangtua pasti langsung berusaha mencari obat untuk menyembuhkan batuk si buah hati.

Sesungguhnya batuk bukanlah suatu penyakit, tetapi mekanisme perlindungan tubuh, khususnya saluran pernapasan untuk membersihkan jalan napas dari benda asing yang masuk. Berikut beberapa tip memilih obat batuk:

* Pilih obat batuk yang komponennya spesifik. Saat ini banyak obat batuk yang mengandung ekspektoran untuk memecah lendir tapi sekaligus untuk menekan batuknya. Obat batuk akan efektif jika kegunaannya spesifik.

* Pilih obat batuk yang memiliki efek samping sekecil mungkin. Ini penting untuk mengurangi risiko efek samping yang tidak diinginkan untuk pemakaian jangka panjang.

* Jika menginginkan untuk pemakaian jangka panjang, kemasan obat batuk yang besar bisa menjadi pilihan. Yang harus diperhatikan adalah dosisnya harus tepat, khususnya untuk anak-anak.

* Perhatikan tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada kemasan obat batuk. Tanggal tersebut menunjukkan sampai kapan obat batuk efektif dikonsumsi untuk meredakan.

* Pilih obat batuk yang memiliki nomor registrasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Sebab itu menunjukkan bahwa obat batuk tersebut telah disetujui oleh Kemenkes untuk beredar di pasaran.

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s