Makanan untuk Prostat Sehat

BELAKANGAN ini Anda sering buang air kecil hingga rasanya di luar kebiasaan? Anda patut curiga, jangan-jangan prostat mulai bermasalah. Lantas, adakah makanan tertentu yang terbukti menjaga kesehatan prostat?

Prostat adalah sebuah kelenjar kecil sebesar buah kenari yang membungkus bagian atas uretra, saluran pembuangan yang berasal dari kandung kemih. Organ ini berfungsi mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan sperma agar tetap sehat.

Seiring pertambahan usia, prostat mudah terinfeksi dan terserang penyakit. Pembengkakannya pun bisa mengganggu proses buang air kecil. Selain sering buang air kecil, gejala lainnya, yakni darah dalam air kemih, sulit pada awal buang air kecil, dan aliran yang lambat.

Risiko pembesaran prostat, juga disebut benign prostatic hyperplasia (BPH), meningkat sekira 4 persen selama setahun pada pria setelah usia 55 tahun. Dan pada usia 60 tahun, setengah dari pria akan mengalami BPH. Angka itu melonjak hingga 95 persen pada usia 85 tahun. Demikian fakta yang dikutip okezone dari Mayo Clinic.

Sebuah artikel yang dirilis Mayo Clinic melihat efek diet dan suplemen untuk kesehatan prostat. Artikel mengungkap bahwa faktor gaya hidup berikut bermanfaat untuk menjaga kesehatan prostat, di antaranya:

· Aktivitas fisik tingkat tinggi dan tidak ada “belly fat”.

· Diet rendah lemak

· Lima atau lebih porsi sayuran sehari

Selain itu, artikel tersebut juga menyebutkan beberapa nutrisi spesifik, seperti:

· Vitamin C dari sayuran dikaitkan dengan risiko rendah BPH. Sayuran tinggi vitamin C, termasuk paprika, brokoli, kubis Brussel, kembang kol, kale, dan tomat atau jus sayuran.

· Makanan yang tinggi kandungan zinc juga bermanfaat, meliputi kerang, kepiting, kacang panggang, bebek, domba, dan daging sapi.

Asupan buah yang tinggi tidak memengaruhi risiko BPH. Beberapa penelitian menunjukkan, peningkatan risiko BPH semakin tinggi pada pria yang mengonsumsi daging merah setiap hari dibanding pria yang hanya makan sekali seminggu.

Tapi, penelitian lain menemukan bahwa penurunan risiko BPH terjadi pada pria dengan asupan protein total yang tinggi. Artikel tersebut tidak menemukan bukti bahwa suplemen makanan atau herbal berguna dalam mencegah atau mengobati BPH. Para pria, prostat sehat adalah alasan Anda untuk segera olahraga, menghindari obesitas, makan sayuran, dan menjaga asupan lemak rendah.

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Makanan untuk Prostat Sehat

  1. Ping balik: Jus sayuran bagus untuk diet sehat | Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s