Meditasi Tekan Risiko Penyakit Jantung

MEDITASI bisa menekan risiko serangan jantung hingga 47 persen. Teknik meditasi, khususnya transcendental mediation juga memberikan efek menguntungkan pada stres, stroke, dan pasien berbagai penyakit kardiovaskular lainnya.

Demikian hasil studi terbaru yang dilansir Daily Mail, Rabu (18/11/2009). Teknik transcendental meditation (TM) adalah bentuk dari meditasi mantra yang diperkenalkan pertama kali di India pada 1955 oleh Maharishi Mahesh Yogi.

 

Meditasi ini terdiri atas tujuh tahapan latihan yang terstandarisasi dan di bawah pengawasan pengajar bersertifikat. Salah satu tekniknya termasuk penggunaan suara atau mantra.

Kajian dilakukan terhadap 201 orang pria dan wanita Africa-Amerika berusia rata-rata 59 tahun yang menderita penyempitan pembuluh nadi jantung.

Mereka dibagi dalam beberapa kelompok. Ada yang mempraktikkan transcendental meditation, mengambil kelas edukasi kesehatan, atau menerapkan pola diet dan olahraga.

Kelompok pertama diminta meditasi dalam posisi duduk dengan mata tertutup selama sekira 20 menit dua kali sehari. Hasilnya, serangan jantung, store, dan kematian menurun sekira 47 persen.

Dr Robert Schneider dari the Maharishi University of Management di Iowa mengatakan, “Hasil ini menjadi percobaan secara klinis yang menunjukkan bahwa latihan dalam jangka lama atas program pengurangan stres ini menekan angka kejadian penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke, dan kematian.”

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s