Rileks Datang, Stres pun Hilang

BEBAN pekerjaan dan rutinitas yang padat membuat Anda stres? Tak perlu risau, banyak cara untuk menangkalnya, salah satunya dengan pijat tuina yang membuat Anda rileks.

Bagi warga perkotaan, stres sepertinya sudah menjadi “teman hidup”. Penyebabnya pun beragam, mulai banyaknya pekerjaan, kemacetan, hingga biaya hidup yang semakin tinggi. Selain itu, kurangnya istirahat, kurang olahraga, lupa makan karena berbagai kesibukan, dan polusi udara juga bisa menjadi pemicunya.

Untungnya kini banyak cara menghalau stres, di antaranya melalui relaksasi. Media relaksasi pun beragam. Mulai spa, yoga, hingga pijat.

Nah, untuk pilihan yang terakhir berbagai jenis pijat pun mulai bermunculan dan siap membuat Anda rileks. Salah satunya dengan tuina massage atau pijat tuina. Pemilik Klinik Tung Mei Body Repair Massage, Nelly Suhirma SE, mengatakan bahwa pijat ini sengaja ditawarkan untuk membuat orang yang stres menjadi rileks.

Tuina massage merupakan teknik pemijatan yang berasal dari China dan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu,” tuturnya kepada Seputar Indonesia.

Tuina (twee na) yang berasal dari bahasa China dan diartikan sebagai “tekan-pegang” atau “poke-cubit”, merupakan perawatan yang dilakukan dengan tangan pada tubuh yang menggunakan acupressure sebagai dasar pengobatan China.

Tujuan pemijatan ini untuk membawa keseimbangan dalam tubuh. Selain itu, pijat ini juga bertujuan untuk meningkatkan pertahanan dan sistem imun chi (energi vital) tubuh. Nah bila pertahanan tubuh kuat, penyakit pun akan enggan mampir di tubuh Anda.

Tuina yang merupakan bagian dari pengobatan tradisional China, sampai saat ini telah digemari dan bahkan sudah terkenal di seluruh dunia,” ucapnya saat ditemui SI di kliniknya di Jl Barito II No 7 Kebayoran Baru, Jakarta.

Dikatakan ahli tuina dan tulang yang sudah berpengalaman dari Tung Mei, Long Ji Wu bahwa pijat tuina merupakan teknik pijatan yang semuanya bertujuan untuk menghilangkan sumbatan sepanjang titik-titik meridian di dalam tubuh. Pijatan-pijatan ini juga mampu menstimulasi peredaran darah/qi (energi).

Pijat ini juga akan membuat Anda bugar dan dapat mengatasi sakit kepala, migran, mata lelah, pegal, sakit pada bagian tubuh tertentu karena kelelahan/tegang dan stres.

“Pengobatan tradisional ini juga bisa dilakukan untuk relaksasi, pegal-pegal, lelah, dan untuk bagian tubuh yang kaku, terutama untuk menghilangkan stres,” tandasnya.

Pijat tuina dilakukan dengan menggunakan serangkaian gerakan seperti menekan, menepuk, serta meremas dengan telapak tangan, ujung jari, juga buku jari.

“Pijat dimulai dari titik awal yaitu pundak,” sebut Long yang mempelajari teknik pijat tuina di Perguruan Tinggi Tradisional Pengobatan China.

Long juga menjelaskan bahwa pijat tuina terkadang disertai dengan herbal kompres (mengompres dengan menggunakan herbal atau obat-obatan China) dengan tujuan untuk mempercepat dan menghilangkan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu.

“Pijat tuina sangat bagus, selain fokus kepada titik-titik meridian juga dapat mencapai pemijitan sampai pada bagian otot yang dalam,” papar Long.

Prinsip-prinsip dasar yang diterapkan pada pijat tuina sebenarnya mirip dengan prinsip-prinsip yang dilakukan pada akupunktur. Bedanya pada akupunktur sering kali memberikan rasa sakit yang membuat orang enggan untuk melakukan terapi akupunktur.

Sebaliknya pijat tuina tak menimbulkan rasa sakit. Malah pijatan-pijatan tersebut akan memberikan rasa rileks, nyaman, dan nikmat. Yang perlu diingat bahwa pijat tuina ini tidak boleh dilakukan pada kondisi tulang retak, patah tulang, luka-luka dan infeksi.

Selain itu, pijat jenis ini juga sebaiknya tidak dilakukan pada bagian perut wanita yang sedang menstruasi atau dalam keadaan hamil. Namun, bukan berarti ibu hamil tidak boleh melakukan tuina massage.

Boleh-boleh saja ibu hamil dipijit dengan teknik ini, hanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena pijat ini sangat bagus untuk kelancaran sirkulasi darah agar ibu hamil tetap nyaman.

“Ada beberapa gerakan yang bisa membahayakan ibu hamil apabila tuina massage tetap dilakukan pada wanita hamil. Jadi jika ibu hamil ingin tetap melakukan pijatan ini, yakni dengan cara telentang dan miring,” ujarnya.

Saat praktik pijat tuina dilakukan, pasien tidak perlu membuka baju melainkan dianjurkan menggunakan baju yang longgar dan nyaman. Sebelum memulai pijat, para terapis mendengar apa yang dikeluhkan sang pasien, disertai dengan tanya jawab singkat untuk mengetahui bagian tubuh yang tidak nyaman. Setelah itu, ahli tuina segera melakukan pijatan selama 1-2 jam.

“Sebenarnya waktu yang dibutuhkan tergantung dari kasus pasien itu sendiri, bisa 2 jam bahkan sampai 4 jam,” tutur Long yang sudah tinggal selama 4 tahun di Indonesia.

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Rileks Datang, Stres pun Hilang

  1. mira berkata:

    saya sudah 2x menjalani terapi ini, dengan keluhan sakit nyeri dan kaku di pinggul. tetapi setelah 2x terapi belum ada hasil yg baik yang dpt saya rasakan. perlu berapa kali ( minimal ) saya bisa merasakan hasilnya?

    • tiga2008 berkata:

      masalah berapa kali terapy tu bisa dikonsultasikan sama pihak terapynya karna mereka lebih tahu, cuma saya mau ingatkan terapy lah ke tempat yang sudah berpengalaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s