Cantik dengan Terapi Buah

ALAM menyediakan berbagai macam cara untuk merawat kecantikan.Salah satunya melalui fruitherapyatau perawatan kecantikan dengan aneka macam buah.

Buah-buahan selain menyegarkan untuk dikonsumsi, ternyata juga memiliki segudang manfaat guna merawat kesehatan tubuh, juga kecantikan, berkat vitamin dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Misalnya jeruk yang sejak lama diketahui bisa membantu mencerahkan kulit karena mengandung banyak Vitamin C. Buah lain yang juga memiliki fungsi merawat kecantikan adalah anggur karena mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas akibat polusi udara. Malah khasiat anggur sebagai bahan terapi kecantikan telah digunakan sejak zaman Cleopatra dan meluas ke daratan Eropa.

Kini, masyarakat Eropa tidak hanya menggunakan anggur sebagai kudapan ataupun minuman pelengkap santapan, juga untuk terapi spa yang dikenal dengan nama vinotherapy. Apa yang membuat anggur begitu bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan? Dr John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio, mengatakan, “Kadar antioksidan pada biji dan kulit anggur cukup tinggi. Manfaatnya untuk kulit sangat bagus, diantaranya mencegah penuaan dini.”

Di Indonesia, vinotherapy memang belum terlalu populer. Namun, bukan berarti terapi ini tidak bisa ditemukan. Salah satu spa center yang menyediakan terapi anggur ini adalah Hanzha Spa, Surabaya. Dalam situs resminya, dikatakan vinotherapy dilakukan dengan menggunakan wine berkadar alkohol rendah yang dicampurkan dalam bubuk scrub serta bubuk masker sebelum diaplikasikan pada kulit. Saat terapis melakukan pijatan dengan scrub, maka akan terasa sensasi kehangatan wine, begitu juga saat masker diaplikasikan. Kulit yang terasa hangat pertanda antioksidan anggur tengah diserap kulit. Hasilnya kulit akan menjadi lebih lembap dan segar.

Selain anggur, Dr Bennet juga meneliti manfaat tomat untuk kecantikan. Hasil penelitiannya menyebutkan bahwa tomat mengandung banyak manfaat bagi tubuh manusia. “Tomat mengandung zat gizi dan fitonoutrien. Pro vitamin A (karotenoid), Vitamin B1, Vitamin C, asam folat, mineral, kalsium, besi, belerang, potasium, kalium, fosfor, lycopene, saponin, lutein, caumarine, asam sitrat, dan serat. Buah ini sudah sangat representatif untuk dikonsumsi orang-orang yang berdiet dan untuk para wanita yang selalu ingin tampil cantik,” katanya.

Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, tomat sangat bermanfaat dalam hal merawat kulit, terutama yang memiliki masalah peradangan. “Tomat adalah buah yang paling bermanfaat untuk kecantikan. Diantaranya dapat menyembuhkan jerawat, menyembuhkan peradangan dan luka pada kulit, sebagai antioksidan dan dapat juga digunakan untuk mengangkat kotoran pada kulit. Buah ini dapat melembapkan dan mengurangi kelebihan minyak pada kulit dan memiliki peran dalam pembentukan kolagen,” sebut Bennet.

Anda pun tidak perlu repot mengolah tomat secara langsung, industri kosmetik sudah menyediakan cara praktis yakni melalui masker dan pil antiaging. “Untuk kosmetik, bahan utama yang diambil dari tomat adalah lycopene karena zat tersebut terbukti efektif sebagai antioksidan, dan biasanya lycopene tertera di label sebuah produk,” paparnya.

Buah lain yang juga memiliki manfaat kecantikan adalah stroberi. Buah cantik berwarna merah segar ini ternyata memiliki kandungan nutrisi tinggi, terutama pigmen antosianin yang merupakan salah satu antioksidan. “Khasiatnya bisa meremajakan dan menunda penuaan dini,” ujar Manager Club Arena International Spa Ricky Rusfendi.

Di Arena Internasional Spa, terapi kecantikan dengan menggunakan stroberi ini ditawarkan dalam bentuk paket selama 120 menit seharga Rp200.000. “Paket tersebut termasuk thalasso footbath, massage,scrub,dan milkbath, semua menggunakan stroberi, seperti special strawberry oil, strawberry scrub, serta strawberry powder untuk berendam,” tuturnya.

Namun, jika Anda mencari spa buah dengan menggunakan teknik tradisional, maka Bale-Bale Spa merupakan tempat yang paling tepat. Mengusung tagline traditional spa, mereka mencoba menghadirkan layanan berbasis perawatan tradisional berbahan alamiah. Salah satu layanan favoritnya adalah lulur tradisional dengan menggunakan buah-buahan. “Buah-buahan itu sendiri kan banyak mengandung kolagen, Vitamin C, E, dan antioksidan, ini baik untuk membantu kekenyalan kulit. Nah, jika kita padu dengan scrub, tentunya akan lebih efektif karena mengangkat sel kulit mati yang ada di tubuh,” kata terapis Bale-Bale Spa Sri Muryati.

Namun, tidak sembarang buah bisa dicampur dengan scrub. Untuk sifat buah yang lembut, seperti alpukat, sebaiknya dicampur dengan lulur. Sifatnya untuk melembutkan kulit juga relaksasi. Scrub andalan Bale Bale terdiri atas dua macam. Paduan stroberi dan ginseng kaya akan Vitamin C dan zat pewarna yang terkandung dalam stroberi bisa mencerahkan kulit yang kusam, plus, peran ginseng untuk mengenyalkan kulit.

Perawatan tradisional seperti ini aman untuk segala usia. Hanya, ada catatan kecil bagi mereka yang sudah mulai mengalami proses penuaan. Mereka sebaiknya diberikan perawatan berbahan dasar buah kiwi. “Kiwi itu baik sekali sebagai antiaging, selain itu kami tambahkan yoghurt untuk melembapkan kulit,” sebut wanita ramah ini.

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s