Anak Sakit, Tak Usah Panik!

SAAT anak sakit tentunya Anda cemas, karena si kecil membutuhkan lebih banyak perhatian dari biasanya. Beberapa penelitian menyebutkan dampingan orangtua bisa membantu mempercepat proses penyembuhan si kecil.

Hasil riset lainnya tak kalah menarik loh, ternyata para ayah punya peran penting dalam pertumbuhan seorang anak. Meskipun tak ada “Hari Ayah”, Anda tak perlu berkecil hati. Sebab interaksi antara ayah dan anak disebut-sebut dapat memengaruhi kecerdasan emosional si anak kelak, hingga membuatnya tumbuh menjadi sosok dewasa yang berhasil.

Interaksi ayah dan anak bisa dilakukan kapan saja, bukan? Begitu pula saat si kecil sakit. Jadi, tak perlu buru-buru meminta bala bantuan dari istri tercinta atau kerabat lainnya.

Nah, agar Anda selaku ayah dapat mengurus si kecil saat sakit, sebaiknya kenali dulu tanda-tanda anak sakit.

1. Munculnya gejala-gejala nyata seperti ruam kulit, muntah-muntah, atau kesakitan.

2. Kehilangan nafsu makan.

3. Cengeng dan rewel yang tidak seperti biasanya.

4. Saat sakit, anak mungkin merasa lemas, tingkah lakunya tidak selincah biasa sehingga dia lebih senang berbaring di sofa ruang keluarga. Dengan demikian, dia merasa terlibat dengan anggota keluarga lain, daripada berbaring sendirian di kamarnya.

Saat Anda telah mengenali tanda-tanda buah hati yang sakit, Anda pun dapat merawat anak sakit di rumah.

1. Bila dokter meminta istirahat penuh, bantulah anak Anda untuk mengurangi rasa sepi dan bosannya karena harus berbaring terus. Dampingi dan sediakan kegiatan yang dapat memberinya keasyikan tersendiri seperti menggambar atau melakukan permainan.

2. Umumkan nafsu makan anak menurun, namun hal ini tidak perlu Anda risaukan. Bujuklah dia dengan makanan kesukaannya. Biasanya dokter akan bertindak bila hilangnya nafsu makan berkelanjutan.

3. Hal yang patut diingat adalah memberikan si kecil minum yang banyak, terutama bila dia mengalami demam, muntah-muntah, atau diare. Meskipun yang terbaik adalah air putih atau jus buah tanpa gula, tetapi biarlah dia memilih minuman lain yang disukainya sebagai selingan.

4. Cari kamar yang berventilasi baik dengan suhu nyaman sekitar 18 derajat Celcius. Kamar yang terlalu panas dan pengap dapat memperparah kondisi demam anak Anda.

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Anak Sakit, Tak Usah Panik!

  1. baitul alim berkata:

    Mendidik anak tidak lepas dari didikan sebagai orangtua. berhati-hatilah dalam mendidik anak agar tidak mengakibatkana anak menjadi jiwa yang kerdil, minder, pesimis dan lain-lain. karena gaya mendidik orangtua dapat membentuk kepribadian anak.

    —————————————————————————————————————————
    Rahasia mendidik anak agar sukses dan bahagia di anekapilihan.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s