Manjakan Diri Kala Hamil

SIAPA bilang hamil tak bisa bersenang-senang? Anda tetap bisa melakukannya, kok. Cukup luangkan waktu minimal setengah jam saja sehari, sebagai “me time” alias waktu untuk memanjakan diri sendiri.

Eits! Suami, bahkan si kecil pun dilarang keras mengganggu, ya. Ini adalah waktu khusus buat para Mom’s.

Happy Pregnancy = Happy Baby

Memanjakan diri saat hamil itu perlu loh. Penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang gembira akan menularkan perasaannya kepada janin dalam kandungan. Pasalnya, darah si ibu akan melepaskan neo transmitter zat-zat rasa senang sehingga si bayi pun ikut merasa senang.

Sebaliknya, jika ibu merasa gelisah, detak jantung ibu yang cepat akan tertangkap jelas oleh janin. Selain detak jantung, hormon pemicu stres pun ikut meningkat. Tentu tak baik jika dialami ibu hamil terus menerus. Apalagi, ibu hamil yang mengalami stres berat berisiko melahirkan bayi prematur dan bayi dengan berat badan rendah, bahkan dapat mengakibatkan janin keguguran.

Wah, itu sih harus dihindari. Tunggu apa lagi? Buatlah daftar kegiatan yang menyenangkan -tentu saja yang bersifat positif- dan lakukan! Hadiahnya, Anda jadi lebih menikmati masa kehamilan.

Panduan “Me Time” untuk Ibu Hamil

1. Merawat diri

Kalau ada yang bilang, hamil nggak perlu cantik, itu salah besar! Saat hamil, Anda tak dilarang kok kalau mau relaksasi di salon. Justru jika Anda tampak cantik dan segar, menjalani kehamilan pun bukanlah beban. Sebelumnya, konsultasikan pada dokter kandungan Anda perawatan apa saja yang diperbolehkan. Perawatan kulit dan rambut seperti creambath, lulur badan, facial, pedicure atau manicure masih oke kok! Asal, hindari perawatan yang menggunakan terlalu banyak bahan kimia seperti meluruskan, mengeriting, bleaching, dan mencat rambut hingga usia kehamilan trimester kedua.

Anda juga bisa mencoba perawatan spa saat usia kandungan telah menginjak trimester kedua. Supaya aman, pilihlah spa khusus untuk ibu hamil. Nah, spa bermanfaat untuk mengendurkan urat-urat syaraf yang tegang. Memang, saat berbadan dua, berbagai keluhan fisik acapkali menghinggapi ibu hamil, seperti pegal, sakit punggung dan sebagainya. Melalui srubbing dan massage di tempat spa, gangguan kehamilan itu bisa dikurangi. Selain bisa rileks, sirkulasi darah pun menjadi lebih lancar. Menyenangkan, bukan?

2. Tidur

“Aduh, mau tidur saja kok susah banget ya?” Ya, masalah ini kerap menimpa beberapa ibu hamil. Tak heran, tidur nyenyak menjadi agenda penting, entah itu pada siang atau malam hari. Bila Anda beristirahat dengan cukup, suasana hati pun menjadi baik.

Nah, agar tidur Anda nyaman, pastikan kamar tidur Anda cukup “enak” untuk ditempati. Jika menggunakan AC, perhatikan suhunya agar tidak terlalu dingin. Anda bisa mandi air hangat dahulu agar badan rileks. Kemudian, minumlah segelas susu hangat. Susu mengandung asam amino tryptophan yang meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang akan membantu Anda untuk dapat tidur.

Saat tidur, atur posisi senyaman mungkin. Anda bisa mencoba tidur dengan posisi miring ke kiri, untuk membantu mengoptimalkan aliran darah dan nutrisi ke plasenta.

Jangan lupa Mom’s! Pastikan tidak ada yang mengganggu Anda saat tidur. Matikan handphone sejenak. Dan, pesanlah pada orang di rumah Anda agar tidak mengganggu. Anda berhak menikmati waktu tidur dengan leluasa.

3. Berbelanja

Anda senang shopping? Tak ada salahnya menyenangkan diri dengan kegiatan satu ini. Belilah pakaian hamil yang nyaman. Atau, Anda bisa berburu pernak-pernik untuk si kecil. kendati begitu, berbelanjalah dengan bijak. Siapkan apa yang hendak dibeli dari rumah. Jangan sampai daftar belanjaan melewati anggaran yang tersedia ya Mom’s?

4. Olahraga

Lakukan olahraga ringan minimal setengah jam sehari. Pilihlah olahraga yang aman seperti jalan kaki, berenang atau senam hamil. Berolahraga ringan secara teratur bisa melancarkan peredaran darah. Imbasnya, tubuh terasa bugar. Anda jadi tampak lebih bersemangat lho Mom’s.

5. Lakukan aktivitas menenangkan

Luangkan waktu melakukan aktivitas yang menenangkan seperti meditasi, latihan pernapasan, yoga, mendengarkan musik, menonton DVD, dan sebagainya. Melakukan kegiatan menenangkan setiap hari membantu Anda selalu berpikir positif. Dengan begitu, Anda akan lebih enjoy menikmati kehamilan.

6. Berkomunikasi dengan janin

Luangkanlah waktu untuk berbincang bertiga: Anda, suami, dan janin. Libatkan suami, biarkan dia merasakan sendiri gerakan janin di perut Anda. Selain menambah kedekatan dengan suami, Anda pun merasa terhibur.

7. Berselancar di dunia maya

Tak ada salahnya sharing apa yang Anda rasakan dengan ibu-ibu hamil lainnya. Anda bisa berselancar di dunia maya bergabung dengan milis ibu hamil. Atau, tuangkan momen-momen penting selama hamil ke dalam blog. Hitung-hitung bisa menjadi kenangan untuk si kecil nanti.

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s