Bola-Bola Bikin Seksi

SELAIN memberi variasi baru saat latihan, Gym Ball dapat pula melatih kekuatan, ketahanan, fleksibilitas, serta keseimbangan.

Gym Ball
serupa alat bantu fitness yang umum kita temui di gym atau pusat kebugaran. Asyiknya, penggunaan alat ini sangat fleksibel. Bisa sambil berdiri, jongkok, duduk, tengkurap, maupun telentang. Fokus latihannya ada pada bagian-bagian tubuh seperti pantat, paha, punggung belakang, otot perut, bahu, hingga dada. Dengan berat tak sampai 1 kilogram, Gym Ball sangat dianjurkan oleh dokter medis, dokter tulang, terapis, hingga personal trainer.

Terbuat dari bahan karet lateks, bola tersebut sanggup menahan beban hingga 120 kg. Karena praktis, latihan Gym Ball bisa dilakukan di mana saja, tak harus di pusat kebugaran. Terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu, bisa berlatih di rumah atau bahkan di kantor.

“Fungsinya tak jauh beda dengan alat fitness biasa. Gerakan menggunakan bola diyakini lebih mampu melatih otot-otot bagian dalam,” terang Klub manajer Grand Odiseus Fitness and Spa Aston Atrium Senen Hendri Budiyanto.

Jika dilakukan rutin tiga kali seminggu, badan tidak hanya bugar, tetapi otot-otot tubuh akan lebih mudah terbentuk. Sehingga, keinginan memperoleh badan langsing dan seksi pun lebih cepat terwujud.

Mengingat bentuk bola yang mudah menggelinding, menjalani olah kebugaran Gym Ball sedikit tricky. Sebab, fitness dengan cara ini memerlukan keseimbangan yang baik. Jika tidak, olah tubuh yang dilakukan tidak bisa memberi hasil maksimal. Karena itu, selama proses latihan berlangsung kita harus benar-benar berkonsentrasi.

Untuk pemula, Gym Ball memberi beberapa ukuran bola yang dapat disesuaikan dengan bentuk tubuh. Mulai yang berdiameter 42, 53, 65, 75, 85, hingga 95. Peserta latihan bisa menyesuaikan bentuk tubuhnya dengan memegang bola hingga terasa nyaman.

Ilustrasinya, selain bola bisa dipegang juga harus bisa selaras dengan bahu, jangan lebih kecil atau lebih besar karena akan membuat kerepotan dan tidak efektif saat latihan.

Sebelum berlatih, hendaknya peserta mengetahui terlebih dulu gerakan yang pas dan benar-benar mengena pada tubuh yang ingin dilatih, agar hasil yang diperoleh bisa tepat sasaran. Sebagai latihan awal, Anda bisa mencoba memantulkan bola di lantai (dribble bola seperti di bola basket), menduduki dan menggerakkan ke arah depan, belakang, atau ke samping. Jika tubuh sudah mampu menjaga keseimbangan di atas bola, itu pertanda Anda siap melakukan gerakan selanjutnya.

Tak berbeda dengan proses fitness biasanya, Gym Ball dilakukan dalam urutan latihan kebugaran standar. Mulai pemanasan, olahraga inti, dan diakhiri dengan pendinginan. Untuk memberi hasil efektif, latihan bisa dibagi menjadi kelas pembakaran maupun pembentukan yang dibedakan berdasarkan jumlah repetisi dan set.

Latihan pembakaran, misalnya, bakal lebih efektif jika dikombinasikan dengan aerobik. Latihan dilakukan tiga hingga lima set dengan 15 hingga 20 repetisi. Di antara masing-masing gerakan diberi jeda istirahat 10 hingga 15 detik.

Sedangkan latihan pembentukan dilakukan dengan 8-12 repetisi dalam 2-4 set. Latihan pembentukan dilakukan dalam tempo lambat agar otot mampu beradaptasi. Latihan pemanasan selama 10-15 menit berfokus pada tubuh bagian atas (upper body) seperti lengan, bahu, dada, dan sedikit ke pantat.

Pada bagian inti, latihan bisa dikombinasikan baik crunch, twister, sit up hingga push up. Di bagian akhir atau pendinginan, gerakan justru lebih memberikan efek relaksasi baik telentang maupun tengkurap.

“Selain digunakan untuk latihan mandiri, Gym Ball bisa dipadukan dengan aerobik maupun dumble. Bola hanya sebatas alas yang digunakan untuk memaksimalkan dan melatih otot yang ingin dipahat,” tambah Hendri yang menyebut Gym Ball sudah akrab di pusat kebugaran Indonesia sejak delapan tahun lalu.

Meski sanggup memberi efek pembakaran dan pembentukan maksimal, latihan ini lebih disukai wanita. Kaum pria jarang menggunakannya karena dianggap kurang menantang.

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Bola-Bola Bikin Seksi

  1. Justin berkata:

    Iya betul sekali, kalau cowok kelihatannya lebih suka langsung angkat beban seperti barbell dan dumbbell.
    Great article!

  2. senopatiarthur berkata:

    Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://obat2-an.infogue.com/bola_bola_bikin_seksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s