Cermat Mengelola Gaji Pertama

SETELAH dapat beradaptasi dengan pekerjaan, saatnya mengintip jumlah pendapatan gaji pertama di rekening. Kewajiban utama terhadap gaji pertama adalah bagaimana mengatur keuangan agar tidak tekor sebelum bulan depan gajian lagi.

Kebanyakan orang selalu merasa kekurangan uang setiap bulannya. Hampir semua orang beranggapan bahwa masalah keuangan mereka dapat teratasi hanya dengan kenaikan gaji. Ironisnya, setelah naik gaji, orang-orang cenderung berbelanja lebih mewah, membeli pakaian yang lebih mahal. Akhirnya, mereka kembali terjebak masalah kekurangan uang.

Nah agar hal tersebut tak dialami, Anda perlu mengetahui cara jitu mengatur keuangan setelah menerima gaji pertama. Mengenai hal itu, Bondan Seno Prasetyadi, psikolog dari PT Mitra Langgeng Sejati memaparkan cara praktisnya. Antara lain:

Buat skala prioritas

Anda dapat mengatur pemasukan dan pengeluaran secara cermat. Membuat perencanaan akan lebih memudahkan mengontrol keuangan.

Langkah pertama yang dapat dilakukan ialah dengan mencari informasi lengkap mengenai perusahaan yang dituju. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui mengenai fasilitas yang diperoleh. Ini merupakan bekal agar Anda dapat mulai menentukan skala prioritasnya apa.

Skala prioritas penting ditentukan agar dapat tenang menjalani hidup, sehingga Anda dapat membedakan mana kebutuhan primer dan sekunder. Karena ada saatnya Anda mengubur keinginan-keinginan yang harus ditunda agar tidak mengganggu kinerja.

Bikin anggaran untuk kebutuhan sehari-hari

Setelah kerja dan menerima gaji, Anda harus membuat anggaran untuk diri sendiri. Cara membuat anggaran setiap bulan yaitu dengan membuat pos pengeluaran, mencatat pemasukan, komparasi anggaran tiap pos dengan realisasi, setelah itu baru Anda lakukan analisis.

Dalam hal ini pencatatan skala prioritas penting dilakukan, terutama untuk kebutuhan sehari-hari. Semisal biaya transportasi dan makan, baru memikirkan untuk memperbarui fashion (baju kerja, sepatu, dan tas).

Setelah semua terpenuhi, ada baiknya Anda memberikan sedikit penghasilan kepada orangtua. Tak perlu banyak, asalkan dapat membantu meringankan pengeluaran rumah tangga bisa menjadi nilai positif.

Menabung

Setelah kebutuhan sehari-hari telah terpenuhi, Anda harus menyisihkan gaji untuk ditabung. Ini dilakukan untuk bekal masa depan dan memenuhi kebutuhan barang-barang impian.

Semua hal di atas perlu dilakukan tak hanya saat menerima gaji pertama, untuk pendapatan selanjutnya pun Anda harus melakukan langkah yang sama.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s