Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

MUDIK saat Lebaran tiba menjadi salah satu tradisi yang dinanti setiap umat muslim di Tanah Air. Di setiap tahunnya, pulang ke kampung halaman masing-masing menjadi fenomena menarik tiap penghujung bulan suci Ramadan.

Namun di balik kegembiraan yang muncul saat akan bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman, kekhawatiran meninggalkan rumah saat mudik tiba juga menjadi persoalan tersendiri. Karena tidak sedikit rumah yang kemalingan saat ditinggal mudik penghuninya.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk mudik ke kampung halaman, ada baiknya mengikuti tip aman meninggalkan hunian. Menurut kontraktor dan arsitek dari Mitra Graha Asri Mandiri Ir Wisnu Brata, faktor utama yang harus dilakukan pemudik saat meninggalkan propertinya ialah menghindari hal-hal yang menunjukkan bahwa rumah Anda kosong.

“Agar tidak menarik perhatian pencuri, sebaiknya Anda gunakan lampu LED yang menyala otomatis saat malam hari dengan memakai sensor cahaya. Jadi Anda tidak perlu repot menyalakan atau mematikan lampu, karena menjelang maghrib biasanya lampu menyala sendiri,” ucap Wisnu saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Senin (22/9/2008).

Menurut Wisnu, menitipkan rumah kepada tetangga sebelah yang tidak mudik menjadi langkah penting lainnya. Langkah tersebut dilakukan karena hanya Anda dan tetangga yang mengetahui persis keamanan lingkungan sekitar. Tak hanya itu saja, sambungnya, menginformasikan kepada petugas keamanan di lingkungan sekitar dapat memberikan rasa aman Anda dan keluarga saat mudik.

Tindakan lain yang tak kalah penting ialah mematikan semua listrik yang tidak digunakan, PAM, dan cabut selang gas serta kompor untuk menghindari arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran.

“Sebelum bepergian, saklar pendek, gas, PAM yang sekiranya dapat menimbulkan bahaya sebaiknya dicabut. Jadi yang benar-benar menyala hanya lampu saja,” kata alumni Institut Teknologi Bandung ini.

Menurutnya lagi, jika Anda berlangganan koran, maka sebaiknya saat mudik beritahukan kepada agen koran untuk tidak mengirimkan koran selama Anda pergi. Hal ini dilakukan agar tidak ada koran yang menumpuk saat rumah ditinggal mudik.

Masih menurut Wisnu, sebelum meninggalkan rumah Anda harus memastikan pintu dan jendela terkunci. Jika perlu, memasang alarm atau kamera tersembunyi (CCTV) di area-area tertentu dapat mencegah masuknya pencuri ke rumah.

“Langkah penting lainnya ialah meminta bantuan orang untuk memeriksa rumah Anda beberapa hari sekali. Tak hanya itu saja, Anda pun harus minta bantuannya untuk membersihkan rumah agar tetap bersih. Sebab pencuri tahu betul rumah yang tidak terawat biasanya tidak berpenghuni,” pungkasnya.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s