Tetap Segar & Berstamina Saat Puasa

RAMADAN merupakan bulan yang penuh hikmah, menjadi bulan yang dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Saat bulan Ramadan, umat muslim berlomba-lomba memperbanyak ibadah untuk mendapat pahala dan ridha Allah SWT.

Tak hanya detox psikis, berpuasa saat Ramadan diharapkan tak membatasi aktivitas beribadah maupun dalam keseharian. Pertanyaannya kini, bagaimana agar kita tetap berstamina selama menjalankan ibadah puasa?

Menurut dr Ahmad Jamaluddin dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, satu hal yang paling utama diperhatikan selama berpuasa ialah kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi. Dengan demikian, aktivitas sehari-hari tetap dapat berjalan tanpa mengganggu ibadah Anda.

“Pengaturan makan dan minum yang tepat selama berpuasa harus dilakukan agar tubuh tidak lemas saat memasuki waktu siang hari. Sehingga, olahraga pun tetap dapat dilakukan selama berpuasa dengan memerhatikan waktu dan jenis olahraga yang dilakukan,” ucap dr Ahmad Jamaluddin saat seminar kesehatan, beberapa waktu lalu.

Tak hanya dapat menjalani ibadah dan aktivitas sehari-hari, berpuasa pun dapat membuat seseorang yang menderita penyakit tertentu menjalaninya tanpa terbentur masalah kesehatan.

“Mereka dengan penyakit maag dan diabetes juga tetap dapat berpuasa. Tetapi tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan, semisal makanan yang dihindari bagi penderita maag dan kondisi-kondisi yang membolehkan penderita diabetes menjalani ibadah puasa,” paparnya.

Sedangkan khusus untuk ibu hamil dan menyusui, dr Ahmad mengungkapkan pandangannya.

“Bagi ibu hamil dengan kondisi kehamilan yang tidak bermasalah, tetap dapat menjalankan puasa. Sementara itu bagi ibu menyusui, tetap dianjurkan untuk tidak menjalani puasa agar dapat memberikan ASI maksimal bagi bayinya,” ungkapnya.

Nah, untuk menambah cadangan energi dan stamina, asupan multivitamin dapat dikonsumsi saat menjelang Imsak. Mengenai hal itu, Fatimah Syarief AMG, STP, ahli nutrisi Sun Hope mengungkapkan keseimbangan gizi penting agar tubuh tetap sehat dan segar saat beribadah puasa. untuk itu, perlu memberikan asupan multivitamin yang tepat.

Adapun kandungan multivitamin yang lengkap dapat dipilih selama bulan Ramadan ini. Menurut Fatimah, tambahan suplementasi omega 3 dapat dijadikan alternatif, mengingat kualitas omega 3, EPA, dan DHA dapat digunakan sebagai produk terapetik yang dapat membantu penyembuhan penyakit kardiovaskular.

Masih menurut Fatimah, agar lebih merasakan manfaat susu, pilih susu yang memiliki kandungan protein aktif yang dapat mempertahankan dan memperbaiki kekebalan tubuh.

Sementara itu, bagi Anda penderita diabetes yang tetap ingin menjalani ibadah puasa, Insulin Growth Factor (IGF-1) yang terdapat dalam Power Mix akan membantu optimalitas dan stabilitas kadar gula dalam darah.

Jadi, tidak ada yang menghalangi Anda untuk tetap beraktivitas meski tengah berpuasa

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s