Miliki Bentuk Tubuh Ideal dengan Liposelection

SEDOT lemak menjadi tren belakangan ini. Bentuk tubuh yang ideal dan indah bisa didapatkan dalam waktu singkat. Hanya saja, risikonya tak kecil. Tapi kini sudah ada liposelection, sebuah teknologi pembentukkan dan penyempurnaan kontur tubuh tanpa efek samping yang serius. Tertarik mencoba?

Liposelection adalah teknologi terbaru untuk pembentukan dan penyempurnaan kontur tubuh. Teknologi ini dikembangkan dari teknik hisap lemak atau liposuction konvensional. Liposelection sendiri adalah istilah yang dipopulerkan dari terminologi VASER (Vibration Aplification of Sound Energy at Resonance), yaitu aplikasi teknologi piranti penghisap lemak berupa penerapan sifat energi gelombang ultrasonik yang dikuatkan untuk memecah dan meluruhkan jaringan lemak. “Kalau teknik liposuction itu mengandalkan keahlian dokter untuk menyodok-nyodok lemak di bawah jaringan kulit agar hancur dan larut dalam cairan yang berisi substansi-substansi sterilisasi, penghilang nyeri, dan pengerut pembuluh darah yang natinya akan disedot, liposelection mengandalkan gelombang ultrasonik untuk menghancurkan lemak,” jelas dr Ahmad Fawzy Mas`ud, SpBP dari RS MH Thamrin, Jakarta.

Teknik liposelection memungkinkan dokter tidak mencederai struktur pembuluh darah halus, sehingga selama operasi dapat diminimalisir. Liposelection juga memiliki tingkat presisi cukup tinggi, sehingga bagian tubuh yang dapat dibentuk lebih indah. Tidak hanya terbatas pada perut, pinggul, pantat, paha, namun juga daerah yang lebih sempit seperti lengan atas, dagu, dan leher.

Teknik dan Prosedur Liposelection

Prosedur liposelection dilakukan pada pasien dalam kondisi terbius. Sebelumnya pada tubuh pasien terlebih dahulu dirancang peta area yang akan diperbaiki konturnya. Pada area tersebut, larutan racikan steril disuntikkan ke bawah kulit. Banyaknya larutan yang disuntikkan setara dengan jumlah jaringan lemak yang akan dibuang. Larutan ini mengencerkan dan melarutkan jaringan lemak yang luruh agar mudah dihisap keluar, menghilangkan nyeri dan mengerutkan pembuluh darah.

Titik penyuntikan tersebut kemudian diperluas menjadi sayatan kecil untuk penyisipan buluh Titanium (probe) ke bawah kulit. Buluh (probe) ini memancarkan energi gelombang ultrasonik yang memecah jaringan lemak berlebih di bawah kulit. Lemak yang luruh dan tercerai-berai menjadi gumpalan-gumpalan kecil tersebut akan larut di dalam larutan racikan, kemudian dengan mudah dapat dihisap keluar.

Risiko dan Efek Samping

Pada treatment peluruhan lemak tanpa operasi yang ada dan populer saat ini, lemak yang hancur tidak dikeluarkan secara langsung melainkan dialirkan melalui pembuluh darah menuju ginjal untuk dikeluarkan dalam bentuk urin dan keringat. Inilah teknik lymphatic drainage.

“Karena itu, biasanya intensitas pasien untuk buang air menjadi lebih sering. Dan ini membuat ginjal bekerja dengan lebih ekstra,” tambah dokter yang disapa dr Fawzy ini.

Jika lemak tidak dikeluarkan dan menumpuk di ginjal, ginjal bisa hancur. Namun intensitas buang air yang terlalu sering itu, selain menyebabkan rasa tidak nyaman pada pasien, memaksa ginjal untuk “kerja rodi” yang ujung-ujungnya juga bisa mencelakakan fungsi ginjal.

Teknik sedot lemak tentu saja menghindarkan pasien dari penyakit ginjal. Namun rasa nyeri pasca operasi harus mendapat perhatian ekstra. Terutama jika yang dipilih adalah teknik liposuction yang memungkinkan terjadinya pendarahan akibat tersodoknya pembuluh darah dan serabut saraf halus di jaringan lemak.

Meskipun demikian, para ahli bedah meyakinkan bahwa tidak ada risiko alias efek samping serius yang akan terjadi. Itu pun sudah sangat jarang terjadi akibat teknik liposelection. Efek samping itu sifatnya setempat, terbatas pada daerah di sekitar lubang tempat masuknya buluh logam pemancar. Beberapa efek yang pernah dikeluhkan, antara lain, lepuh, dan nyeri ringan akibat gesekan buluh pemancar dengan kulit, bengkak, peradangan ringan, memar sampai perubahan warna kulit mennjadi sedikit lebih gelap (hiperpigmentasi).

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s