Buah dan Gaya Hidup Sehat

SEBAGAI negara agraris yang kaya akan produksi buah, Indonesia ternyata mempunyai tingkat konsumsi buah sangat rendah. Hal itu diperparah dengan minimnya kesadaran masyarakat akan manfaat buah.

Survei dari Sosial-Ekonomi Nasional (Susenas) menyebutkan, 60,44 persen masyarakat Indonesia hanya mengonsumsi 1 porsi buah per hari. Konsumsi buah di Indonesia rata-rata 40.06 kg/kapita/tahun. Padahal, Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan sebaiknya untuk mengonsumsi buah minimal 3 porsi sehari. Sedangkan badan dunia pertanian (FAO) merekomendasikan untuk mengonsumsi 65,75 kg/kapita/tahun.

“WHO mengeluarkan pernyataan tentang rekomendasi mengonsumsi buah ini, bertujuan agar bisa dipakai seluruh dunia, baik untuk negara maju maupun negara berkembang agar penduduknya sehat,” ucap dokter Spesialis Gizi dari Rumah Sakit Siloam, Jakarta Dr Samuel Oetoro, M S, SpGK.

Kondisi memprihatinkan juga terlihat dari cara mengonsumsi buah masyarakat Indonesia bila dibandingkan dengan Thailand yang mengonsumsi 92 kg/kapita/tahun, Filipina 67 kg/kapita/tahun dan Malaysia 52 kg/ kapita/tahun. “Kondisi tersebut memprihatinkan bukan? Apakah bisa kita hidup sehat dengan mengonsumsi 1 porsi dalam 1 hari?” ujar konsultan gizi dari Departemen Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Tubuh sehat berarti mempunyai sel yang juga sehat. Hal itu bisa ditandai dengan tercukupinya asupan makan, cukup asupan cairan dan elektrolit, cukup vitamin dan mineral untuk metabolisme sel dan tidak terjadi kerusakan sel. “Jika sistem tubuh kita ingin dibuat bagus, maka semua asupan yang masuk ke dalam tubuh juga harus bagus pula,” ungkap Oetoro pada saat wawancara eksklusif “Cara Sehat Mengkonsumsi Buah” yang diadakan oleh Buavita dari Unilever.

Buah merupakan salah satu jenis makanan dengan kandungan air dan elektrolit yang tinggi sehingga bagus untuk tubuh. Maklum saja, tubuh kita sebagian besar terdiri atas air, dan komposisi air dalam tubuh harus seimbang. Selain itu, buah juga mengandung gizi, vitamin, mineral, antioksidan, phytochemical, serat, dan prebiotik.

Banyaknya kandungan yang terdapat dalam buah, maka memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seseorang yang mengonsumsinya. “Buah sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari,” jelas dokter kelahiran 20 Juni 1958 ini. Oetoro mengatakan, untuk mendapatkan hasil yang optimal dari mengonsumsi buah ini, maka dianjurkan untuk mengonsumsi buah dengan jumlah 10 porsi, 10 macam dan 10 warna. Untuk mengonsumsi 10 porsi dalam sehari ini, bagi orang yang belum terbiasa sebaiknya bisa dimulai dari mengonsumsi 3 porsi sehari.

“Jumlah makan dan kualitas buah sangat penting diperhatikan. Walaupun semua buah mempunyai kandungan gizi dan manfaat yang berbeda, tapi semua buah memang bagus untuk kesehatan. Sebaiknya pilih buah yang berwarna kinclong,” tuturnya.

Tentang mengonsumsi buah-buahan baik untuk kesehatan ini juga terlontar dari pernyataan yang dikatakan oleh Guru Besar Ilmu Pangan dan Gizi Prof Dr Ir Ali Khomsan, Ms. Dia menyebutkan, buah-buahan yang dikonsumsi akan mempengaruhi kesehatan bagi yang memakannya. Buah juga bagus dijadikan makanan ringan sekaligus baik untuk kelancaran pencernaan.

“Makanan ringan atau yang biasa disebut dengan snack, sebenarnya baik untuk dikonsumsi, asalkan sudah diporsikan agar tidak berlebihan. Dan snack yang baik dimakan adalah buah yang kaya akan vitamin,” tutur dosen ilmu gizi fakultas Departemen Gizi Masyarakat Sumber Daya Keluarga Institut Pertanian Bogor ini.

Ali mengatakan, pola makan yang buruk mempunyai banyak dampak yang tidak baik. Pola makan yang buruk bisa menyebabkan overweight (kegemukan) atau obesitas (kelebihan berat badan sebanyak 20 persen dari yang semestinya). Oleh sebab itu, buah merupakan makanan yang bisa digunakan untuk pola makan yang sehat. Pola hidup sehat dan bugar bisa dilakukan melalui makan sehat, yaitu dengan pola yang saya sebut 3 J. Terdiri atas jumlah, jadwal, dan jenis. Jumlah yang berarti jangan berlebih, jadwal yang berarti jangan menghilangkan atau melewati jadwal makan, jenis yang berarti pilih makanan yang jenisnya bagus,” pesan Oetoro.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Buah dan Gaya Hidup Sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s