Honor Sukwan Disunat Rp. 50.000,-

SUBANG – Pemotongan honor guru sukarelawan (sukwan) di Kabupaten Subang kembali terkuak.Rapel honor guru sukwan selama empat bulan dipotong oleh Forum Tenaga Honorer Sekolah (FTHS) sebesar Rp. 50.000 per orang.

Pemotongan dana honor terjadi di Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, kemarin. Seusai mengambil honor rapelan di GOR PGRI Kalijati, ratusan guru sukwan mengaku kecewa atas pemotongan tersebut. ”Terang saja kami kecewa karena tidak ada kesepakatan terlebih dulu. Kami baru tahu ada pemotongan waktu menerima surat undangan pencairan honor,” ujar seorang guru SLTP di Kecamatan Kalijati yang enggan disebutkan identitasnya.

Para guru sukwan menerima honor rapelan empat bulan sebesar Rp. 350.000, padahal yang harus diterima sebesar Rp. 400.000. Dalam surat undangan pengambilan honor untuk lembaga pendidik dan pendidikan itu dicantumkan rincian dana potongan Rp. 50.000, yakni iuran anggota Rp. 20.000 selama empat bulan, PPH 5% atau Rp. 20.000, dana akomodasi dan administrasi Rp. 10.000.

Sekretaris Jenderal Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Subang Didin Salam Nurdin berjanji menindaklanjuti laporan tersebut. Dia mengancam akan melaporkan pemotongan gaji guru sukwan ke bupati bila dalam satu minggu ini uangnya tidak dikembalikan. ”Dari laporan para sukwan,pemotongan dilakukan sepihak dan tidak dimusyawarahkan terlebih dulu.Kepala sekolah saja tidak berani melakukan pemotongan.

Kami akan melapor ke bupati,”kata Didin. Kepala Bagian Bendahara Pemkab Subang Ahmad Sobari menyayangkan terjadinya pemotongan tersebut. Pihaknya tidak membenarkan pemotongan honor dengan alasan apapun. Sementara,Sekretaris FTHS Kecamatan Kalijati Didi Rosyadi mengatakan, pemotongan itu sudah melalui musyawarah dengan pengurus FTHS Kabupaten Subang.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Honor Sukwan Disunat Rp. 50.000,-

  1. badak berkata:

    atur atur we etamah kumaha saena da tos jamana panginten

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s