Bagaimana Membersihkan Bulu Kemaluan yang Benar?

SEBAGIAN besar kaum perempuan ataupun lelaki mungkin tak mengetahui cara pintar merawat bulu kemaluan. Mereka mengira karena letaknya yang tersembunyi maka tak perlu ada perawatan khusus. Benarkah?

Eits, tunggu dulu. Pada prinsipnya bulu kemaluan juga harus dirawat sesempurna mungkin. Tentu caranya tidak boleh asal-asalan, seperti mencabut bulu kemaluan sesuka hati.

Tim Mitra Inti yang belum lama ini meluncurkan buku berjudul “Kesproholic” menyarankan, perempuan ataupun lelaki tidak diperbolehkan membersihkan bulu di daerah kemaluan dengan cara mencabutnya. Sebab, apabila mereka mencabutnya, maka akan timbul lubang pada bekas cabutan tersebut, dan ini dapat menjadi jalan masuk bagi kuman atau jamur yang selanjutnya dapat mengakibatkan timbulnya iritas dan penyakit kulit di daerah tersebut.

Bulu kemaluan yang terlalu lebat (tidak pernah dirapikan) juga dapat menjadi tempat tumbuhnya kutu, bakteri atau kuman, serta jamur yang pada akhirnya menimbulkan berbagai macam penyakit. Merapikan di sini artinya cukup memendekkan saja. Misalnya dipendekkan kira-kira setengah sentimeter dengan menggunakan gunting atau apabila Anda hendak mencukurnya bisa menggunakan busa sabun terlebih dahulu dan menggunakan alat cukur khusus yang lembut dan sebelumnya sudah dicuci dahulu dengan sabun dan disiram dengan air panas.

Setelah digunakan, alat cukur wajib dicuci kembali dan disimpan di tempat yang bersih dan kering. Jangan disimpan di tempat yang lembap, karena bisa ditumbuhi jamur dan bakteri. Selain itu, jangan menggunaan alat cukur secara bergantian, walaupun dengan suami Anda.

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s