Jangan Abaikan Sakit Pinggang

JANGAN pernah mengabaikan nyeri pinggang seringan apa pun. Nyeri pinggang terkadang menunjukkan gejala penyakit yang lebih parah. Benarkah?

Pinggang memiliki tulang yang dikenal dengan nama tulang belakang bawah atau area lumbar. Tulang ini memiliki fungsi sangat penting bagi tubuh manusia. Fungsi itu meliputi penunjang struktural, pergerakan dan melindungi jaringan-jaringan tubuh tertentu. Misalnya, ketika seseorang berdiri, tulang ini akan berfungsi untuk menahan bobot tubuh. Demikian pula ketika duduk, tulang ini menanggung sebagian besar beban tubuh.

Daerah pinggang mempunyai fungsi yang sangat penting pada tubuh manusia, di antaranya membuat tubuh berdiri tegak, pergerakan, dan melindungi beberapa organ penting. Saat seseorang berdiri, pinggang berfungsi sebagai penyangga sebagian besar berat badan. Saat kita menggoyangkan pinggul, pinggang akan ikut membantu pergerakan. Karena itu, untuk mendeteksi kelainan pada pinggang para dokter biasanya akan menyuruh pasiennya berdiri tegak atau menggoyangkan pinggul. Fungsi terpenting dari tulang pinggang adalah sebagai pelindung susunan saraf yang melintas sepanjang tulang belakang dan organ yang terdapat di dalam rongga perut.

Bisa dibayangkan bagaimana jika tulang pinggang atau tulang belakang bawah ini mengalami gangguan. Semua aktivitas bisa terganggu. Jika bagian pinggang sudah nyeri, jangankan bekerja, untuk bergerak saja penderitanya akan kesulitan. Sementara penyebab umum sakit pinggang antara lain, iritasi saraf, luka peregangan (lumbar radiculopathy) dan gangguan tulang (bony encroachment).

Sakit pinggang yang disebabkan luka peregangan biasanya terjadi karena adanya robekan mikroskopik. Ini menjadi penyebab paling umum dari sakit pinggang yang ditemukan dalam banyak kasus sakit pinggang. Luka seperti ini dapat terjadi karena penggunaan yang berlebihan, misalnya mengangkat beban terlalu berat. Penggunaan yang tidak sesuai atau luka berat (trauma). Luka jaringan lunak biasanya diklasifikasikan sebagai akut jika tidak hilang selama beberapa hari atau sampai beberapa minggu. “Jika ketegangan berlangsung lebih lama dari tiga bulan, kasus tersebut akan dideteksi sebagai sakit pinggang kronis,” kata Spesialis Saraf Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) dr Budiman, SpS.

Budiman menuturkan, selain luka jaringan lunak, ada pula nyeri pinggang yang disebabkan lumbar radiculopathy atau iritasi saraf yang disebabkan kerusakan pada cakram-cakram antara vertebrae. Kerusakan pada cakram-cakram terjadi karena kemunduran (degenerasi) dari lingkaran luar cakram tulang pinggang, luka berat (traumatic injury), atau kedua-duanya.
Sebagai hasilnya, porsi tengah yang lebih lunak dapat robek (herniate) melewati lingkaran luar cakram yang berbatasan dengan sumsum tulang belakang atau saraf-sarafnya ketika mereka keluar dari susunan tulang belakang.

Robekan seperti ini biasa dikenal dengan sakit sciatica yang turun ke kaki. Sciatica dapat didahului oleh suatu sejarah sakit lokal pada tulang belakang bawah.

Rasa yang muncul adalah rasa kebas dan kesemutan. Selanjutnya, rasa sakitnya bertambah dengan gerakan-gerakan pada pinggang dan dapat meningkat pada waktu batuk atau bersin. “Pada kejadian-kejadian yang lebih berat sciatica dapat disebabkan kerusakan kandung kemih,” ujarnya.

Gangguan pada tulang, juga bisa menyebabkan terjadinya nyeri pinggang. Misalnya gangguan tulang dari sarafsaraf tulang belakang, termasuk penyempitan jaringan saraf tulang belakang. “Jika mulai dirasakan nyeri pinggang, sebaiknya langsung mendatangi rumah sakit karena banyak sekali gejala penyakit bisa ditemukan dari sakit pinggang,” katanya lagi.

Selain itu, ditambahkan dokter berperawakan besar tersebut mengaku, sakit pinggang juga biasa terjadi karena terjadinya peregangan tulang pinggang. Peregangan ini sering terjadi pada orang yang berumur di atas 40 tahun. Terkadang keadaan ini bisa menyerang tanpa batasan usia. Gejala yang timbul, antara lain adanya rasa tidak nyaman atau nyeri pada pinggang setelah pinggang mengalami tekanan mekanis.
“Derajat nyeri sangat tergantung dari seberapa banyak otot yang mengalami cedera,” tegasnya.

Senada dengan Dr Budiman, salah satu pasien, Fatma yang mengaku telah tiga bulan mengalami sakit pinggang mengaku baru terbebas dari penyakitnya setelah melewati serangkaian terapi. “Sakit pinggang adalah penyakit yang mengganggu dan bisa kumat kapan saja. Kalau pagi tidak terasa, bisa jadi sore atau malam kumat lagi,” katanya yang merupakan pegawai bank swasta tersebut.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

57 Balasan ke Jangan Abaikan Sakit Pinggang

  1. muhtasor berkata:

    quantum healing adalah sebuah terobosan baru dalam seni penyembuhan yang mengunakan sentuhan tanggan dengan memvibrasikan cinta, iklas syukur. salah satu pengaplikasian dari quantum healing adalah untuk mengatasi gangguan tulang belakang, pada beberapa kasus tulang belakan (scelosis) sangat efektif info lebih lanjut klik http://www.quantumhealingindonesia.com atau call 02195673886 atau 02195381900

    • elmika. berkata:

      slmat mlam dokter?… ini ibu saya sudah mengalami penyakit lumpuh selama lbh krng 5 thn, awalnya sakit yang diderita hanya sakit pinggang biasa, namun setelah dibawa berobat ke beberapa dokter spesialis di kota kami (Aceh) ternyata penyakit yang di derita ibu saya adalah penyempitan syaraf pinggang seperti yang sama dalam teks yang ada pada website dokter. jadi bagaimana solusi pengobatannya? dan kemana harus kami bawa untuk pengobatan selanjutnya agar dapat berjalan normal sprti biasa. sebelumnya kami ucapkan trimakasih, jawaban dokter kami tunggu

      • tiga2008 berkata:

        maaf baru di bales emailnya
        itu menurut hasil dari dokter spesialis bagaimana? coba lebih ditanyakan sama dokter tersebut yah

  2. sheny berkata:

    pagi pak dokter saya sering merasa skt pingggang slit untuk membungkuk.kenpa ya pak ?tolong beri solusinya

  3. vhe berkata:

    gNi….tmN saya ….umurx ch 15 taonan gTu…dy pernh Blng klO ”tulng pinggangx terasa skit N nyeri stiap mao tidur duduk dan lainya tulangnya terasa nyeri dan smua tulangx tersa lelah…bdanx slalu lelah klo ber’aktivitas” dok tlong sarnx gMna…??itu pxkit pa krena dy mLes sja koK jd ky gTu….
    Tlng bLz di email q ja …di
    Vhe_alkatiri@ymail.com……

  4. Nova s. berkata:

    selamat siang dokter….
    saya punya sakit pinggang, dan itu uda belangsung kurang lebih 3 bulan…. kalau duduk,atau melakukan kegiatan apapun sakit….
    n skrang uda terasa sampai ke paha dan kaki….
    sakitnya di sebelah belakang…. tapi kalau saya istrahat lagi, hilangnya bisa sedikt reda….
    apalagi kalau saya banyak beraktifitas, sakitnya semakin kerasa….
    kata teman saya penyakit ini biasa,…
    menurut dokter bagaimna????
    trimasih dok….

    • tiga2008 berkata:

      jangan di anggap remeh coba senggangkan waktu anda tuk diperiksa ke dokter terdekat anda, mudah-mudahan cepat sembuh

  5. ejanmkutapin berkata:

    selamet malem pak, aku lelaki usia 35tahun, semenjak dudk di bangku SMPkelas dua aku mulai merasakan sakit pinggang yang parah hingga kalu aku mau berdiri kayaknya susah banget, jugadatengnya ga tentu kadang cepat atu lambat, menurut dokter terapi apa yang cocok buat aku jalani kroniskah dia, soalnya semenjak aku remaja sampai sekarang tetap aja suka kambu.
    terimakasih sebelomnya………….

    • tiga2008 berkata:

      selamat pagi pak, maaf baru di bales, menurut saya lebih baik anda di periksa terlebih dahulu ke dokter terdekat soal keluhan anda baru bis disimpulkan hasilnya, mudah2an cepet sembuh

  6. sherly berkata:

    pak saya mau tanya saya sakit pinggang udah 1 bln,tetapi kirain saya keseleo atau salah urat.tapi saya udah urut sekitar 6 kali ama orang berbeda tetapi masih sakit. terkadang sakit terkadang engak.kalau sakit sakit baget samapi susah bungkuk.itu harus bgaimana bapak,makasih.

    • tiga2008 berkata:

      aduh ko pe 6 orang yang berbeda bahaya tuh lebih baik sama 1 orang aja, untuk lebih jelasnya mendingan di cek ke dokter terdekat juga di rongsen biar jelas apa penyakitnya, cepat sembuh yah

  7. Yelly berkata:

    Malam dok. Saya ibu rumah tangga usia juli besok 47 tahun. Kl lama berdiri pingang saya suka sakit.dan kadang2 menjalar ke kaki sebelah kiri. Apa karena keberatan baan ya dok. Berat sy 65 dng tingggi 159. Tolong saya ya dok. Tks

    • tiga2008 berkata:

      met pagi bu, maaf baru di jawab, lebih baik anda diperiksa ke dokter terdekat iar jelas apa penyakitnya, mudah-mudahan cepat sembuh yah

  8. jiwas berkata:

    kok ga ada alternatif2 ataw penjelasan yang pas dari pertanyaan yang di ajukan…
    semua di jawab periksa ke dokter..
    berarti ini cuma artikel doang…bukan dokter.

    • tiga2008 berkata:

      ada soudara kita yang mampu membantu silahkan hubungi
      soudara2 yang sakit pinggang dan sakit punggung dengan sekali datang dengan berihtiar ALLAH meridhoi jgn mikirin bayar seicklasnya saja Hub 5306914 /0818419382 ALLAH YANG MAHA MENYEMBUHKAN DAN MAHA MENGOBATI SEMOGA ALLAH MERIDHOI IHTIYAR ANDA.

  9. Sal berkata:

    Dok, pinggang sy sakit, dr hasil scan 3 tulang terbawah kelihatan menghitam krn aus, kata dokter di penang tdk bisa diobati, hanya perlu dijaga gerakannya aja. Menurut dokter bagaimana?

  10. die berkata:

    pagi dok,,saya mau tanya,,udah hampir 3 tahun saya nyeri pinggang,,setiap duduk,tidur,,lama berdiri,,saya selalu merasa pinggang saya sakit…
    kurang lebih 3 tahun yg lalu saya jatuh dari tangga,,
    kira2 sakit saya apa dok?

  11. iki berkata:

    sore Dok,,,,saya pria usia 26 th…sudah hampir 1 bulan pinggang saya seperti sakit/seperti pegal”…….tepat’y dibagian kiri sampai kearah kanan….karena apa y Dok,mohon bantuan’y Dokter…thanks be 4….

  12. kenny alganny berkata:

    saya ingin membantu soudara2 yang sakit pinggang dan sakit punggung dengan sekali datang dengan berihtiar ALLAH meridhoi jgn mikirin bayar seicklasnya saja Hub 5306914 /0818419382 ALLAH YANG MAHA MENYEMBUHKAN DAN MAHA MENGOBATI SEMOGA ALLAH MERIDHOI IHTIYAR ANDA.

  13. iena berkata:

    doc, ibu saya baru jatuh di bilik air semalam. selepas jatuh, segala pegerakannya menjadi sakit. ini menyebabkan dia mengalami kesukaran untuk bangun apabila baring atau duduk. walaupun memapah. semalam saya ada bawa dia ke hospital tapi doc kata tiada apa2 tercedera pada tulang ibu saya dan memberikan ubat tahan sakit kepada ibu saya. masaalahnya sekarang sakit tue tidak berkurangan pegerakan pun terbatas. ibu saya menhidap penyakit tulang adakah penyakit itu berhubungkait dengan masaalah yang dialami dan boleh doc terangkan apa yang perlu saya buat?

  14. Diana berkata:

    Selamat Malam Dokter, sudah 1 bulan ini pinggang saya rasanya sakit sekali,sakit muncul apabila mau berdiri ( sehabis duduk), dan bila mau telentang sehabis duduk sakitnya luar biasa, mohon saran dokter, ada apa dgn pinggang saya ? bila saya mau periksa ke dokter Budiman, di rumah sakit mana saya datang dokter ? mohon di balas dokter.
    Yg sakit adalah pinggang bagian belakang.

    • tiga2008 berkata:

      maaf baru bales
      gimana dengan pinggangnya sekarang? masih sakit kah?
      coba cek ke rumah sakit terdekat dahulu yah, jangn lupa banyak minum air putih

  15. Nanda berkata:

    selamat siang, saya perempuan usia 17 tahun dan baru saja lulus sma. sejak saya smp saya sering mengalami sakit pinggang dan sering keram otot terutama di kaki. hal tersebut terus berlanjut sampai dengan sekarang. biasanya saya bisa menghilangkannya sementara dengan sedikit streching sebelum tidur, tapi rasa sakit itu akan muncul kembali esok harinya. apa kira2 yang menyebabkannya ya,Dok? apa ada hubungannya dengan tinggi badan? (tinggi saya sekarang sudah lebih dari 170cm)

  16. agus berkata:

    pagi dok, saya pria 27 thn sudah 4 thn yg lalu saya sakit pinggang sebelah kanan karena mengangkat beban berat (mesin genset). apabila saya batuk, bersin berdiri pinggang saya sakit sekali, jd saya kalo mau batuk atau bersin harus jongkok baru tidak sakit. mohon saran dari dokter karena saya tinggal di pedalaman aceh jd sarana medis sangat minim. thanks ya dok………….saya tunggu,,,

    • tiga2008 berkata:

      maaf baru di bales
      bapak sudah lama menderita penyakit itu tapi bapak biarkan saja yah
      alangkah baiknya bapak coba periksa ke RS terdekat minta ke bagian tulang ya
      moga cepat sembuh

  17. Alvin berkata:

    ass wbr..

    dok, saya lelaki masih berusia 31 tahun. saya bekerja di sebuah koran, menjabat sebagai pemimpin redaksi. dok, saya hendak menyampaikan keluhan saya tentang rasa sakit di pinggang. di mana, pinggang saya yg kanan dan yg kiri sering pegal dan sulit digerakkan. terkadang jika tidur, posisi saya harus telentang dan pinggang harus diganjal bantal agar terasa enak.

    Dok, aktivitas saya juga lebih sering duduk dan saya baru pulang kerja sekira pukul 00.00. namun saya cukup giat berolahraga terutama futsal. Begitupun harus saya akui, konsumsi air putih saya tidak maksimal.
    jadi dok, tolong bantu saya, kira-kira apa penyebab pinggang saya sakit. padahal saya masih sangat muda…

    terima kasih…

  18. budi heriyanto berkata:

    Saya laki-laki berumur 24 tahun. pinggang sya skit dan lebih terasa saat bangun tidur terasa saki pula pada kaki dan berjalan sesaat setelah bangun tidur terasa skit, tapi klo di bawa beraktifitas sakitnya berkurang.etrima kasih.
    email to budi_hp12@rocketmail.com

  19. dokter gigi berkata:

    anda dokter sungguhan to? Ko mengetik SCOLIOSIS aja salah?

  20. shoot head berkata:

    saya laki2 umur 30 tahun.pinggang saya sakit, tidak kuat untuk duduk lebih dr 10 menit.akan terasa sakit yang amat sangat ketika duduk dengan kaki diluruskan(selonjor).penyakit apa yang saya derita doc? bagaimana cara penyembuhanya? trimakasih.
    sigitwahyudi97@yahoo.co.id

  21. wandy berkata:

    saya umur 37 tahun.mengalami nyeri belakang yang kedua kali. yang pertama sekitar 6 bulan yl, yg kedua dalam minggu ini. bila duduk terlalu lama utk bangkit sy tidak akan bisa langsung tegak, butuh waktu dan rasanya nyeri sekali. sy sdh rontgen dan hasilnya ada bantalan tulang belakang yang renggang dan di ruas sebelahnya bantalan tsb menyempit, analisa penyebab nyeri tersebut adalah dari otot/saraf yang terjepit di bantalan tulang yang menyempit tsb. utk sekarang saya menjalani fiosterapi, apakag ada solusi lain utk meringankan/mengembalikan posisi tulang/bantalan tulang yang tidak sama tersebut? trims sebelumnya atas jawabannya…

    • tiga2008 berkata:

      kalo di lihat dari tulisan anda cukup berat juga tapi selain yang sudah di laksanakan coba anda banyak minum air putih minum obat2 herbal juga diterapi refleksi
      semoga cepat sembuh

  22. yan christian berkata:

    saya umur 28th,knpa ya udah beberapa hari sakit pinggang sebelah kanan awalnya saya sebelum tidur olahraga set up..ke esokan harinya pada sore hari pinggang saya sakit sampai sekarang tapi saya masih bisa beraktifitas kerja,sakit ini sangat menggangu…gmna cara penyembuhannya apakah ada obatnya atau dengan terapi maupun olahraga trimakasih sebelumnya..

    • tiga2008 berkata:

      kayanya saudara jarang olah raga hingga begitu tubuh digerakan otot, sendi menjadi kaku atau karena porsi yang lakukan salah, coba ditanyakan sama Dr terdekat atau diterapi dengan ahlinya
      moga cepat sembuh

  23. tommy berkata:

    siang dok, mao nanya ne dok..pinggang saya sebelah kanan sakit bgd sampai ke paha sebelah kanan. itu gara2 apa y dok??
    apakah alkohol jg penyebabnya? soalnya dok saya suka sekali minum2an beralkohol.
    Terima kasih.

    • tiga2008 berkata:

      maaf baru dijawab
      kayanya saudara kurang minum air putih per harinya hingga pinggang kekurangan cairan, coba di cek ke Dr terdekat iar ketahuan apa yang di deritanya, coba anda di hentikan minuman beralkohol ya
      moga cepat sembuh

  24. uchi berkata:

    saya umur 21 th,dok saya mau tanya,kenapa ya dok,udah beberapa hari ini pinggang saya sangat sakit,awalnya karena posisi yang salah saat duduk terlalu lama dibus dengan posisi yang sangat sempit.tapi lama-lama terasa semakain sakit dipinggang sebelah kanan,kemarin ada yang nyaranin supaya banyak minum air putih dan olahraga ,saya udah lakuin tapi sakitnya nggak kurang2 dok,,kira -kira sakit pinggang saya ini karena apa ya dok? makasih…

    • tiga2008 berkata:

      alangkah baiknya anda diperiksa ke dokter terdekat biar ketahuan kenapa, minum air putih bagus diteruskan aja cuma untuk olahraga jangan sampe menambah sakit pilih olahraga yang ringan-ringan aja, kalau malas ke dokter coba di terapi terlebih dahulu di tempat refleksi, semoga cepat sembuh

  25. hendry berkata:

    Siang Pak dokter, saya mau tanyakan masalah di pinggang, dari hasil ronsen menunjukkan bahwa tulang belakang tidak ada masalah, tapi rasa sakit timbul kalau ada gerakan yang ke samping, seperti gerakan reflek atau menuangkan gallon air ke dispinser yang menyebabkan pinggang bergerak menyamping, rasa sakit ini hilang bisa semingguan lamanya, bisa kasih tau cara atau ada saran atau ada obat yang bisa menyembuhkan sakit ini, thx banyak atas perhatiannya

    • tiga2008 berkata:

      maaf baru dibales
      menurut dokter setempat apa? pasti ada sesuatu yang belum diketahui coba di cek kembali, coba di terapi olek pijat refleksi atau yang lainnya
      moga cepat sembuh

  26. yozie berkata:

    kok jawaban nya smuanya periksa ke dokter mulu.ama minum aer putih.gag ada medis2ny.harusnya doc ngasi masukan.ato penjelasan.bkan cm gt.kalo cm gt smua jg dh tao g perlu d ksi tao!gmana to!

  27. Tasya berkata:

    saya sering sekali sakit pinggang, tapi setelah di obati sakit itu sdkt hlng.
    tidk lama,skit itu muncul lagi,,,
    jadi gmana cra ngatasin sakit itu??

  28. adi setiawan berkata:

    mlm dok… ini dok sya sdah 4 bulanan kalo abis bangun tdur pinggang trasa sakit yg sblah kiri, apa lagi kalau dipakai duduk rasanya sesak sekali bernapas dok itu ciri2 gjala ap ya dok..

  29. adi setiawan berkata:

    mlm dok sy brusia 21 thun. Gini dok sdah 4 bulanan sya mngalami skit pnggang yang sblah kiri gjala it yg sy rasakan pas abis bngun tdur…. apalagi pas klau sy pake duduk it rasanya sesak skali brnapas dok.
    It ciri-ciri gjala ap ya dok.??? Trimakasih sbelumnya dok..

  30. punggung saya terasa sakit saya mau minta resep obatnya untuk menghilangkan rasa nyerinya selain obat neoremasil tolong ya buat saya terkadang sampai gak bisa bangun dari tempat tidur oleh karena rasa sakit yg tidak tertahankan di punggung dan pinggang. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

  31. mel berkata:

    dok, saya mahasiswi usia 20 tahun. akhir-akhir ini pinggang belakang saya sering sakit, sakit sangat terasa ketika saya bersin atau tertawa. sakitnya tidak selalu terasa. kadang-kadang sakitnya menjalar sampai ke paha, tapi saya tidak mengalami kesemutan. kira-kira saya perlu memeriksakannya ke dokter terdekat atau tidak? jika tidak, apa yang bisa saya lakukan agar sakit di pinggang belakang saya segera sembuh?
    mohon bantuannya, terimakasih.

  32. mimin berkata:

    meragukan, jangan2 bukan dokter tp cm artikel copy paste….

  33. anggie berkata:

    selamat siang dokter,,
    saya perempuan berusia 22th, saya sering mengeluh sakit dibagian pinggang sampai ke punggung saya sakitnya gak hilang2. saya mau tau kira2 saya punya penyakit apa ya dok.?
    terus dok saya minta solusi sama dokter apa obat dr penyakit saya ini.? dan terapi apa saja yang bisa menyembuhkan penyakit saya ini.?
    sebelumnya terima kasih dokter..!!!

  34. ceyca berkata:

    dock??? apakah sakit pinggang ada urusannya sama hamil???

  35. taty susilowaty berkata:

    dok saya mau tanya, saya sering sakit pinggang sebelah tengah waktu kebelet pipis. umur saya 47tahun dan sering sekali pipis2. trims.

  36. galih berkata:

    maaf pak sebelumnya saya ingin menanyakan kenapa setelah hbungan intim saya suka sakit pinggang …
    hampir setiap hari saya berhubungan..
    tlong mnta saran nya ya pak…
    trima kasih…

  37. endri indrawansyah berkata:

    malam pa dokter, saya mengalami sakit di bagian punggung dan pinggang, tapi habis baru bangun tidur, pagi2 agak lumanyan sakit. kira2 itu gejala apa?. apa posisi tidur kurang nyamman atw tempat tidurnya terlalu keras.? Trima Kasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s