Rabun Senja, Berbahayakah?

RABUN senja sering dianggap wajar. Padahal, jika didiamkan dan tidak diobati, bisa berefek kebutaan.

Kelainan mata ini diakibatkan oleh kekurangan vitamin A. “Rabun senja tidak bisa diatasi dengan kacamata. Karena itulah mengonsumsi vitamin A yang terdapat di wortel dan tomat sangat dianjurkan. Itu bisa mencegah terjadinya rabun senja,” kata dokter spesialis mata Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr Iwan Sitompul, beberapa waktu lalu.

Di Indonesia, rabun senja atau rabun ayam merupakan penyakit mata yang sangat wajar. Kasus rabun senja diakibatkan kekurangan vitamin A dan tidak boleh dianggap enteng.

Namun, kebanyakan masyarakat Indonesia, apalagi yang memiliki pendidikan rendah, menganggap bahwa rabun senja adalah sebuah kewajaran yang tidak perlu ditindaklanjuti dan akan sembuh sendirinya.

Pada mata normal terdapat pigmen yang dikenal bernama rodopsinatau visual puple. Pigmen tersebut mengandung vitamin A yang terikat pada protein. Jika mata menerima cahaya, maka akan terjadi konversi rodopsin menjadi visual yellow dan kemudian visual white. Pada konversi tersebut, dibutuhkan vitamin A.

Sementara regenerasi visual purple hanya akan terjadi bila tersedia vitamin A. Tanpa regenerasi, maka penglihatan pada cahaya remang setelah mata menerima cahaya akan terganggu. Jika terjadi kekurangan vitamin A, maka gejala awal adalah terjadinya rabun senja. Artinya, mata akan mengalami gangguan ketika berpindah dari tempat banyak cahaya ke tempat gelap.

Itulah yang membuat rabun senja hanya terjadi ketika matahari mulai terbenam. Sesuai dengan namanya, penyakit ini tidak bisa dikoreksi dengan kacamata dan terjadi jika sel-sel saraf pembeda terang-gelap di retina mata terganggu.

Dr Iwan Sitompul SpM mengatakan, vitamin A sangat penting bagi mata. “Vitamin A pada makanan awalnya berada dalam bentuk retinol ester dan sebelum diserap dalam pencernaan diubah menjadi retinol. Dari mukosa sel retinol tersebut diesterfikasi kembali, kemudian diangkut oleh khilomikron, dibawa ke hati untuk disimpan,” sebutnya.

Bentuk aktif vitamin A sebagian berupa asam retinoat yang akan berperan dalam ekspresi gen. Di retina mata, retinol ini diubah menjadi 11 cis retinal-dehida yang mampu berkonyugasi dengan opsin membentuk rhodopsin yang berperan dalam proses penglihatan. Maka, mata memang sangat membutuhkan kehadiran vitamin A.

“Selama ini masyarakat beranggapan bahwa vitamin A cukup banyak terkandung dalam sayuran dan buah. Namun, jumlahnya masih kurang mencukupi, kecuali dikonsumsi dalam porsi banyak,” sebutnya.

Untuk membantu masyarakat menghindari penyakit mata yang erat kaitannya dengan gizi itu, pemerintah telah melakukan banyak hal. Mulai memberikan asupan gizi pada balita dua kali setahun yang dilakukan pada Februari dan Agustus. Asupan gizi itu dikenal dengan kapsul minyak ikan atau vitamin A.

“Tanpa kapsul minyak ikan, masyarakat sebenarnya dapat mencegah rabun senja dengan mengonsumsi cukup vitamin A dan provitamin A yang dijumpai pada makanan hewani dan nabati,” katanya.

Sementara itu, ahli gizi dari Universitas Indonesia Dr Karina Kamandari mengatakan, kandungan vitamin A bisa diperoleh saat mengonsumsi buah-buahan dan aneka sayuran dalam jumlah yang banyak.

“Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Itu sangat baik untuk mencegah terjadinya rabun senja,” kata Karina.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

19 Balasan ke Rabun Senja, Berbahayakah?

  1. novi berkata:

    saya novi,,, saya sudah mngalami rbun senja sjak 1thn lalu,tp saya ga prnah brani untuk cek up k dokter.
    saya paling susah dan ga doyan sama yang nmanya buah2an dan sayur2an,, slain itu ada cara lain ga??? makasih

  2. putra berkata:

    saya putra,, saya punya kasus,, anak umur 4 tahun, demam dan sering mengalami rabun senja,, dan anamesisnya, air minum yang yg digunakan adalah air dari tadah hujan,, dan sering menderita diare dan influenza..
    hasil analisa laboratorium nya: provitamin A 75ug/dl, vitamin A 12 ug/dl, Zn 22 ug/dl.. yang ingin saya tanyakan:
    1. apakah ada hubungan antara ia konsumsi air tadah hujan dengan rabun tersebut? mengapa?
    2. maksud dari hasil laboratorium yang provitamin A 75 ug/dl dan vitamin A 12 ug/dl itu apa?? mohon jelaskan..!!
    3. Ada faktor lain penyebab rabun senja selain deferensia vitamin A?

    mohon dijelaskan ya….

  3. m. kohar berkata:

    saya Kohar,,, saya sejak kelas 6 SD sudah menderita penyakit rabun senja. saya sudah pernah berobat kedokter spesialis, tapi biayanya sangat mahal sehingga saya memutuskan untuk berhenti. yang ingin saya tanyakan apakah penyakit ini dapat disembuhkan? bagaimana caranya menyembuhkan penyakit ini dengan biaya yang lebih ringan/ekonomis? apakah benar hati kambing dapat menyembuhkan penyakit ini? makasih tas jawabannya!

  4. Desy berkata:

    kalo tiap malam saya suka pusing lihat warna-warna tertentu dan sedikit buram. itu namanya apa ya ??

  5. Luthfi berkata:

    Suami saya sering mengeluh penglihatnnya kabur kalau malam dan terasa perih matanya kalau pagi hari. Apakah itu bisa dikatakan rabun senja? atau ada penyakit lain? mohon jawabannya dan solusi apa yang harus saya lakukan

    • tiga2008 berkata:

      maaf baru di bales
      bisa saya katakan rabun tapi alangkah baiknya coba ajak suami ibu ke dokter mata terdekat, moga cepat sembuh

  6. Luthfi berkata:

    Mohon petunjuknya dengan pertanyaan saya yang tadi, maaf tadi alamat emailnya kurang satu huruf

  7. arif wahyu berkata:

    banyak orang mengejak saya waktu keluar malam. ntah apa yang aku harus bicra bohong untuk menyelamatkan hidup saya. kalau aku sedang terjangkit rabun senja sejak smp kelas 1 dan kini aku sedang melanjutkan perjuruan tinggi di unversitas terkenal di SBY tahun 09 kemarin. saya berkacamata sejak smp sesuai anjuran dokter saya harus memakai kaca mata,saya pun protes sama dokter.
    “dok saya kalau malam melihatnya kurang jelas dok…”
    dia jawab.
    “itu kamu minus.
    dy jawab gtu aja.

    yang terpenting nih adakah obatnya bisa saya kembali normal?. jika ada obat yang bisa menyembuhaknya silahkan kirim ke email saya.numara_ardeika@yahoo.com atau lebih cepatnya sms ke no,saya 085649364632. sangat berati sekali bantuan anda terhadap saya.

  8. cahyati berkata:

    saya ingin bertanya, bisakah seseorang menderita rabun senja sekaligus minus dalam waktu yang sama. karena selain penglihatan sayakabur menjelang senja, pada pagi atau siang haripun saya tidak bisa melihat jelas. ketika saya meminjam kacamata teman saya yang minus di siang hari, penglihatan saya bisa lebih jelas. saya ragu ingin memakai kacamata minus karena saya juga mengalami gejala rabun senja, dan katanya rabun senja idak dapat dibantu dengan kacamata.
    mohon balasannya….
    jawaban ini sangat berarti untuk study saya.
    terimakasih….

    • tiga2008 berkata:

      lebih baik anda periksa dahulu ke dokter mata terdekat biar lebih jelas sebenarnya apa yang anda derita jadi benar kata anda jangan menggunakan kaca mata minus takutnya bukan itu yang anda derita, moga lekas sembuh yah….

  9. adi berkata:

    saya adi… saya sejak kelas 6 SD sudah menderita penyakit rabun senja. saya sudah pernah berobat kedokter spesialis, tapi biayanya sangat mahal sehingga saya memutuskan untuk berhenti. yang ingin saya tanyakan apakah penyakit ini dapat disembuhkan? bagaimana caranya menyembuhkan penyakit ini dengan biaya yang lebih ringan/ekonomis? apakah benar hati kambing dapat menyembuhkan penyakit ini? makasih tas jawabannya!

    • tiga2008 berkata:

      semua penyakit ada obatnya dan bisa disembuhkan tergantung kitanya mau gak sembuh, memang gak dipungkiri biaya yang jadi kendala untuk penyembuhannya itu tapi jangan khawatir sekarang banyak cara untuk penyembuhan diantaranya kembali ke alam cara pengobatannya, banyak mengkonsumsi sayuran juga buah2an dan rutin berobat ke dokter mata ikuti sarannya yang kira2 mampu kita laksanakan jangan lupa juga berdoa pada yang maha kuasa untuk minta penyembuhannya, moga cepat sembuh

  10. adi berkata:

    berapa kira2 biaya berobat rabun senja…?
    pa hrus d oprasi pa da cra lain untuk mnyembuhkan rabun senja…?

  11. dedy berkata:

    saya sudah 11 th mengalami rabun senja saya mau menanyakan apa benar mengkonsumsi ekstra vitamin A akan menyembuhkan rabun senja secara perlahan atau hanya mengurangi saja tp tidak bisa disembuhkan..

    • tiga2008 berkata:

      maaf telat jawabnya
      mengkonsumsi vitamin A bisa mengurangi perlahan dan InsyaAllah bisa menyembuhkan kalo Allah Mengkehendaki sembuh
      moga cepet sembuh ya

  12. Ganda 'T berkata:

    Dokter, anak sy saat ini umur 11 thn dan sejak lahir sdh ada indikasi penglihatan tdk sempurna (tdk fokus) thn 2007 sdh sy bawa ke Dokter mata juga Dokter syaraf (Batam) tp hasilnya sy lihat tdk ada perubahan…beberapa hari lalu sy bawa ke Dokter mata dan Dokter syaraf (Medan) : Dokter katakan anak sy rabun senja dan harus diperiksa minimal 1x3bulan. Pertanyaan saya adalah :

    1. Selain minum juice wortel, juice tomat dan sayur bayam (sesuai artikel Dokter)
    adakah anjuran lain sehingga penyakit anak saya tdk semakin parah ?

    2. Apakah penyakit ini dapat berakibat fatal atau mengalami kebutaan ?

    Need your advice Dok…TQ

    • tiga2008 berkata:

      untuk mengkonsumsi jus yang saya muat agar terus dilakukan untuk mencegah juga mengurangi lebih parah, jangan lupa dengan anjuran dkter yang terakhir anda kunjungi agar dilaksanakan obat yang diberikan jangan lupa diminumkan juga
      memang bisa dibilang mengalami kebutaan jika dibiarkan
      saya sarankan agar bpk bisa mengikuti anjuran dokter spesialis mata biar tidak terjadi yang tidak diinginkan
      semoga anaknya lekas sembuh seperti anak-anak yang lainya

  13. iqbal berkata:

    saya iqbal 20 tahun, 3 tahun ini entah kenapa setiap menjelang sore/ habis maghrib keatas, mata saya mulai memerah dan agak berat. bawaannya ngantuk terus… penglihatan saya masih jelas kalau siang, tapi agak remang2 kalau malam.
    apakah ini rabun senja juga ? atau karena akhir2 ini saya kelelahan sering begadang kerjain tugas kuliah ? kaena sekarang2 tugas2 saya sudah mulai berkurang tetapi tetap saja mata saya merah..
    mohon penjelasannya, thx.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s