Bumil Boleh Mudik dengan Melakukan Perjalanan Jauh?

SAAT Lebaran, mudik menjadi tradisi yang dilakukan umat muslim di Tanah Air. Di setiap tahunnya, pulang ke kampung halaman masing-masing menjadi fenomena menarik tiap penghujung bulan suci Ramadan.


Namun, di balik kegembiraan akan pulang kampung untuk bersilaturahmi bersama sanak family, ada rasa takut yang terbersit dalam pikiran ibu hamil (bumil). Banyak pertanyaan yang bergelayut di benak masing-masing, terpenting ialah pertanyaan seputar bolehkah bumil melakukan perjalanan jauh baik dengan menggunakan transportasi darat, udara, atau kapal laut? Dan apakah ada ketentuan yang harus diketahui?

Mengenai hal itu, dr Fakriantini Jaya Putri, SpOG, dokter obstetri dari Rumah Sakit Umum Zahirah mengungkapkan bumil boleh-boleh saja melakukan perjalanan jauh, entah naik pesawat, mobil, maupun kapal laut.

“Yang penting, ibu harus memperhatikan beberapa faktor, baik sebelum maupun selama perjalanan, seperti usia kehamilan, kesehatan umum ibu, kenyamanan di perjalanan, dan pernyataan dari dokter kandungan yang menyatakan kehamilan ibu aman untuk perjalanan jauh,” tutur dr Fakriantini.

Menurutnya, usia kehamilan bumil yang sudah menginjak lima bulan bisa dikatakan aman untuk melakukan perjalanan jauh. Pasalnya, sudah masuk trimester kedua, yaitu usia 14-28 minggu. Di mana masa morning sickness pada awal kehamilan sudah terlewati.

“Yang tidak dianjurkan melakukan perjalanan jauh ialah pada akhir kehamilan, karena pada saat itu bumil semakin sulit bergerak dan duduk untuk waktu lama, serta akan meningkatkan risiko persalinan prematur,” paparnya.

Nah, sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya bumil memperhatikan beberapa hal penting agar ajang mudik terasa aman dan nyaman selama dalam perjalanan.

1. Periksalah kesehatan secara umum kepada dokter kandungan atau bidan sebelum berangkat.

2. Sesuaikan jadwal perjalanan dengan jadwal pemeriksaan rutin maupun pemeriksaan lainnya yang biasa dilakukan untuk kehamilan.

3. Bawalah semua obat dan vitamin yang diperlukan.

4. Hindari untuk jajan saat dalam perjalanan, sebaiknya bawalah bekal makanan dan minuman yang sehat dari rumah.

5. Sediakan tabir surya (sunblock) untuk melindungi kulit dari terik matahari. Hormon-hormon kehamilan menyebabkan sel-sel pigmen kulit bekerja lebih giat sehingga ibu hamil menjadi ekstra-sensitif pada paparan sinar UV. Disarankan Anda lebih banyak dan lebih sering mengoleskan tabir surya pada kulit.

6. Bawalah pakaian yang nyaman untuk perjalanan, jaket, baju katun, topi, dan kacamata.

7. Cari informasi seputar peraturan kendaraan yang ditumpangi, adakah batasan usia kehamilan? Adakah sarana kesehatan di dalam transportasi tersebut? Adakah tim medis yang bertugas?

8. Pastikan Anda tahu rute perjalanan yang akan ditempuh.

9. Tanyakan fasilitas kesehatan yang tersedia untuk berjaga-jaga jika selama perjalanan ditemukan masalah.

10. Bawa catatan kesehatan.

11. Beli asuransi perjalanan.

Setelah semua tip tersebut dilakukan, maka Anda juga harus tetap berjaga-jaga bila ada masalah saat perjalanan. Karena dalam menempuh perjalanan jauh, biasanya ada beberapa kondisi yang kerap menjadi kekhawatiran bumil. Semisal mual muntah berlebihan yang mengakibatkan dehidrasi, sehingga kondisi fisik bumil menurun. Karenanya, perbanyak minum air putih dan usahakan untuk tetap makan.

Kondisi lainnya, dikhawatirkan terjadi perdarahan yang dapat menyebabkan keguguran. Solusi yang bisa dilakukan yaitu bumil harus beristirahat (bed rest) dan minumlah obat yang telah diberikan dokter kandungan.

Selain itu, bila terjadi kelahiran prematur, segera minta bantuan petugas di kendaraan umum yang ditumpangi atau tim medis yang tersedia. Atau, bisa juga minta bantuan penumpang lain yang mempunyai latar belakang kesehatan.

Jika bantuan kurang memadai, sebaiknya segera turun pada perhentian berikutnya untuk memeriksakan keadaan ibu dan janin lebih lanjut.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s